Selasa, 15 Desember 2015

Proses Startup dan Shutdown

Proses Startup pada tiap Distribusi

Setelah init mengambil alih tugas booting sistem dari LILO ata GRUB, init akan menjalankan sistem sesuai dengan default run level yang di gunakan. pada beberaa distribusi, penanganan run level ini berbeda satu dengan lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba run Level 5, yaitu X11
run level 5 dignakan untuk menjalankan aplikasi pada X window. pada run level ini banyak servis networking yang juga diaktifkan




Sedangkan 
a. 0 Halt 
Seperti yang kita ketahui run level 0 akan menjalankan sekumpulan script yang di gunakan untuk shutdown.
b. Boot : linux single 
Dengan demikian akan langsung masuk  ke dalam run level 1 dengan melewati berbagai argumen yang ada pada kernel
c. Full multiuser mode
Runlevel 3 merupakan defaut run level yang ada pada file /etc/inittab. untuk distribui keluaran akhir seperti redhat 7.0 menggunakan runlevel 5 sebagai default.
d. Unused (tidak digunakan)
Run level 4 digunakan sebagai run level yang bisa anda setting kmbali untuk menjalankan run level anda sendiri. Dengan demikian anda bisa membat run level dengan meletakan file-file yang ingin anda gunakan atau tidk anda gunakan dengan cara membuat file-file yang memiiki simbolik link ke directori atau file lain yang telah anda pilih
e. Reboot
Run level 6 digunakan untuk reeboot sistem. isi dari directori pada level ini merupakan link yang sama dengan runlevel 0, akan tetapi pada script yang digunakan untuk mematikan sistem diganti dengan script yang digunakan untuk mereboot komputer.

Untuk mengetahui kita berapa pada run level berapa bisa digunakan cara sebagai berikut



Untuk menampilkan pesan-pesan pada proses Startup ita dapat menggunakan cara sebagai berikut









Tidak ada komentar:

Posting Komentar